Job Evaluation

Job Evaluation
Job evaluation adalah proses menganalisis dan menilai suatu jabatan secara sistematik untuk mengetahui nilai relatif bobot berbagai jabatan dalam suatu organisasi. Hasil akhir dari proses job evaluation adalah job weight (bobot jabatan/pekerjaan). Faktor utama dalam melakukan job evaluation adalah menentukan "factor compansable", dimana berdasarkan penentuan faktor compansable tersebut dapat dilakukan penilaian secara relatif satu jabatan/pekerjaan dengan jabatan/pekerjaan yang lain). Dengan mengetahui bobot jabatan/pekerjaan maka dengan mudah pihak manajemen akan mempunyai tolok ukur baku untuk menetapkan imbal jasa atas suatu jabatan/pekerjaan yang secara relatif lebih tinggi dibandingkan pekerjaan yang lainnya. Jika job evaluation telah selesai dilaksanakan untuk semua jabatan/pekerjaan maka jabatan-jabatan tesebut diurutkan mulai yang tertinggi sampai yang terendah (job grading).

Secara garis besar metode dalam melakukan job evaluation dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian yaitu metode kualitatif (untuk organisasi berukuran kecil dan simple) dan metode kuantitatif (untuk organisasi berukuran besar dan komplek). Setiap metode memiliki kelebihan dan kelemahan sehingga perusahaan dapat memilih metode yang sesuai dengan kondisinya.

 

OUTPUT

1. SKALA BOBOT JABATAN

Skala Bobot Jabatan dengan mempertimbangkan kondisi internal perusahaan. Untuk menghasilkan skala bobot jabatan tahapan pekerjaan adalah sebagai berikut:

1. Menentukan “compensable factors” dan bobotnya.

2. Melakukan evaluasi bobot jabatan terhadap posisi “sampling.

3. Melakukan proses “sorethumbing” untuk memastikan  konsistensi skala   terhadap sebagian besar/seluruh posisi yang ada.

4. Finalisasi Skala Bobot Jabatan.

2. STRUKTUR & SKALA GAJI/UPAH

Stuktur Golongan Upah sesuai dengan hasil evaluasi jabatan. Untuk menghasilkan struktur gaji/upah tahapan pekerjaan adalah:

1. Mengembangkan pengelompokan jabatan atas dasar bobot jabatan
2. Menetapkan Struktur Golongan Upah.
3. Mengembangkan skala upah dengan mempertimbangkan kondisi internal dan hasil survey upah (jika ada).
4. Menetapkan Skala Upah.

Contact Us

Telp : (021) - 357 60434
Fax  : (021) - 734 42450
Whatsapp : 0812 8947 7607
Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Web : www.hr-qu.com

Head Office : Wisma NH Pancoran Lantai Dasar, Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 2B - C Jakarta Selatan 12780
Branch : Jl. Ciledug Raya No. 15 Jakarta Selatan 12270