Image

Assesment Center

Assesment Center

Assesment Center diartikan sebagai proses sistematis untuk menilai kompetensi yang dipersyaratkan guna mencapai kinerja unggul di dalam organisasi. Definisi lain Assesment Center adalah sebuah proses penilaian yang dilakukan oleh beberapa penilai (Assesor) dengan menggunakan lebih dari satu metode (multi-method) untuk mendapatkan bukti-bukti perilaku yang menunjukkan sejauhmana kompetensi yang dinilai, dimiliki oleh peserta.

 

Manfaat Assesment Center

Bagi Organisasi :

  • Untuk mendapatkan pegawai sesuai dengan kompetensi yang diperlukan.
  • Mengetahui gap kompetensi pegawai sehingga dapat digunakan sebagai masukan dalam program pengembangan dan pelatihan pegawai
  • Mengetahui potensi pegawai untuk digunakan dalam berbagai program bidang SDM untuk peningkatan kinerja

 

Bagi Pegawai :

  • Dengan mengetahui progil kompetensi nya, pegawai dapat mengoptimalkan potensi dirinya
  • Mengetahui kesesuaian antara pekerjaan dan kompetensinya
  • Berdasarkan umpan balik yang diberikan dari Assesment Center pegawai dapat mengembangkan dirinya

 

Proses assesment yang dipergunakan menggunakan pendekatan psikodiagnostik yang komprehensif dan mendalam, lebih dipertajam dengan menggunakan beberapa tools (alat) dan interview. Pengambilan data dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman dalam bidang tersebut. Adapun aspek kompetensi yang akan dijaring melalui proses assesment ini adalah kompetensi-kompetensi dasar yang merupakan kualifikasi/kriteria seorang pegawai baik struktural maupun fungsional dari berbagai tingkatan sesuai kebutuhan. Dalam rangka mencapai tujuan program assesment ini kami mengunakan metode pendekatan psikodiagnostik sebagai fokus untuk mendapatkan data yang dipertajam dengan tools (alat) seperti: analisis kasus, presentasi, role play, in basket, diskusi kelompok, self assesment dan interview.

 

Jika anda ingin berdiskusi dan mendapatkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi telp :

081218699722 / Email : info@hr-qu.com